Jakarta, KompasOtomotif – Berhasil masuk jajaran
sepuluh besar produsen otomotif Tanah Air, General Motors Indonesia
(GMI), tingkatkan layanan terhadap konsumen. Salah satu yang terbaru
adalah
Total Customer Experience (TCE) yang berlaku di seluruh dealer di Indonesia.
Lewat program tersebut, seluruh
master technician
yang bekerja di dealer akan ditingkatkan kemampuan dan jumlahnya.
Tentunya bertujuan untuk memberikan layanan jasa perbaikan lebih cepat
dan efisien. Diharapkan proses pengerjaan dapat selesai dalam satu hari
kerja, kecuali kasus tertentu. Begitu pula dengan persetujuan klaim
garansi menjadi lebih cepat.
“Kami telah menyiapkan program
pelatihan komprehensif untuk menjadi master technician. Dengan
meningkatkan kemampuan elektrikal, analisa masalah, dan sumber
kerusakan. Diharapkan servis kendaraan bisa dilakukan lebih cepat dengan
tetap memperhatikan kualitas pengerjaan,” ucap Dadan Ramadhani,
Customer Care Director GMI, lewat keterangan resmi, Rabu (19/2/2013).
Suku Cadang
Selain
itu, perhatian khusus terhadap ketersediaan suku cadang merupakan salah
satu faktor penting dalam mencapai kepuasan pelanggan. Perhatian khusus
itu antara lain parameter baru pada sistem inventaris, proses pemesanan
lebih baik dengan sistem otomatisasi terbaru, dan jalinan kerjasama
dengan pihak logistik. Dengan begitu, rasio suplai suku cadang akan
meningkat 93 persen.
Cakupan TCE lain adalah pembaruan dealer.
Pada 2013, sekitar 60 persen dari total 34 dealer yang sudah ada telah
diperbarui. Begitu pula dengan 5 dealer baru yang dibangun dengan
standarisasi anyar. Diharapkan, tahun ini semua dealer fasilitas sama
dan melakukan perluasan jaringan hingga 27 persen.
Hal tersebut
menjadi perhatian penting seiring peningkatan penjualan pada 2013 yang
meraih rekor baru, yakni 14.975 unit, naik 183 persen dari 2012.
Keberhasilan ini didominasi Spin yang diperkenalkan awal tahun lalu.